7 Manfaat Besar Buah Tomat Bagi Kesehatan


7 Manfaat Besar Buah Tomat Bagi Kesehatan - Tomat dikalangan kita sering dianggap sebagai sayuran. Kenyataannya tomat termasuk ke dalam golongan buah, bukan melainkan sayuran. Terlepas dari itu, tomat merupakan jenis buah yang kaya akan khasiat dan manfaat bagi kesehatan.

Tomat mengandung vitamin A,C dan K, kandungan  folat dan kalium bersama dengan thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor dan tembaga, yang semuanya diperlukan untuk menjaga kesehatan. Berikut ini adalah 7 manfaat besar tomat bagi kesehatan.

1. Menyehatkan kulit sehat
Mengonsumsi tomat yang teratur akan membantu membuat kulit Anda tetap sehat. Tomat memiliki lycopene, antioksidan yang membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat matahari. Zat ini juga membuat kulit lebih sensitif terhadap kerusakan sinar ultraviolet, salah satu penyebab utama garis-garis halus dan kerutan di wajah.


2. Memperkuat tulang
Tomat baik untuk tulang Anda karena kehadiran vitamin K dan kalsium di dalamnya. Kedua elemen ini sangat baik untuk memperkuat dan memperbaiki tulang. Antioksidan lycopene juga berfungsi untuk meningkatkan massa tulang, yang merupakan cara ampuh untuk melawan osteoporosis, penyakit yang dapat menyebabkan patah tulang, cacat, dan deformitas.

3. Meningkatkan penglihatan
Jumlah yang tinggi dari vitamin A dan C dalam tomat dapat sangat membantu meningkatkan penglihatan Anda dan mencegah kebutaan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin A dalam tomat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, sebuah kondisi mata yang serius dan tidak dapat disembuhkan.

4. Menyehatkan rambut
Tomat bahkan dapat membuat rambut Anda sehat. Vitamin (terutama vitamin A) dan zat besi dalam tomat membantu memperkuat rambut serta mencegahnya dari kerusakan. Jadi jika Anda mengalami masalah rambut bercabang atau rontok, konsumsi tomat sangat disarankan.

5. Menurunkan gula darah
Tomat adalah buah yang baik bagi penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah mereka. Tomat mengandung karbohidrat sangat sedikit, yang membantu mengontrol kadar glukosa urin.

Tomat juga merupakan sumber yang sangat baik dari kromium yang membantu mengatur gula darah, serta serat, yang telah terbukti untuk menjaga kadar gula darah agar tidak terlalu tinggi.

6. Menurunkan risiko kanker
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menunjukkan bahwa makan lebih tomat menurunkan risiko kanker prostat. Tomat juga dapat menurunkan risiko kanker lainnya seperti paru-paru, perut, leher rahim, mulut, faring, kerongkongan, esofagus, usus besar, rektum, dan kanker ovarium.