MasyaAllah, Inilah Tugas Malaikat Kiraman Katiban Yang Perlu Kamu Ketahui

shareinfomanfaat.blogspot.com - MALAIKAT KIRAMAN KATIBAN . Di dalam sebuah hadits, disebutkan nyawa setiap manusia selalu disertai oleh dua malaikat, yaitu satu malaikat yang berada disebelah kanannya  sebagai pencatat dari segala amal kebaikan tanpa disaksikan yang lain. Dan malaikat yang kedua berada disebelah kirinya sebagai pencatat dari segala amal kejelekannya dan tidaklah dicacat segala amal kejelekan tersebut sebelum disaksikan oleh malaikat yang berada disebelah kanan.  Apabila seorang manusia sedang duduk, maka malaikat yang satu berada disebelah kanannya dan satunya lagi berada dibelakang. Dan apabila seorang sedang tidur, maka malaikat yang satu berada diatas kepalanya dan yang satunya lagi berada dibawa kakinya.

ilustrasi
Disebutkan pula dalam hadits yang lain, bahwa ada lima malaikat yang serupa dengan dua malaikat tersebut. Yaitu dua malaikat yang menyertai di waktu malam hari. Dua malaikat yang selalu menyertai manusia disiang hari dan satu malaikat lagi tidak pernah terpisahkan dari seorang manusia. Hal ini diterangkan dalam Al-Quran surat Ar-Ra’d : 11 yang artinya seabgai berikut : “ Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, dimuka dan dibelakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah.”

Disebutkan pula dalam hadits lain, bahwa ada lima malaikat yang serupa dengan dua malaikat tersebut. Yaitu dua malaikat yang selalu menyertai manusia diwaktu hari, dua malikat yang selalu menyertai manusia disiang hari dan satu malaikat lagi yang tidak bisa dipisahkan dari manusia.
Hal ini diterangkan dalam Al-Quran surat Ar-ra’d: 11 yang artinya sebagai berikut: “ bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah.”

Maksuda dari firman Allah SWT diatas adalah  malaikat yang menyertai manusia, jin serta syetan pada waktu siang dan malam. Sedangkan dua malaikat yang mencacat amal kebaikan dan kejelekan berada diantara dua bahu manusia. Lidah sebagai pena bagi kedua malaikat tersebut , mulut sebagai tempat tintanya dan air ludah sebagai tintanya. Kedua malaikat itu mencatat amal perbutannya setiap sampai waktu ajalnya tiba.Ada sebuah hadits yang diriwayatkan Nabi Muhammad Saw beliau bersabda: “ seseungguhnya pencatat amal perbuatan pada kanan dipercayai oleh pencatat amal perbuatan sebelah kiri yan mencatat  amal kejelekan seorang hamba. Dan ketika seorang hamba melakukan kejelekkan disaat malaikat sebelah kiri akan mencatat kejelekannya, maka berkata lah malaikat sebelah kanan: ‘Tahanlah dulu sebentar”. Lalu malaikat sebelah kiri menahannya selama 7 jam itu, maka malaikat yang sebelah kiri akan mencatat kejelekkanya. Dan apabila hamba tersebut memohon ampun kepada Allah SWT selama 7 jam itu , maka malaikat yang sebelah kiri akan mencatat kejelekkannya.”

Jika telah di cabut ruh dari jasad seorang hamba, kemudian jasad tersebut diletakkan didalam kubur, maka malaikat KIRAMAN KATIBIN berkata: “ Ya ALLAH, telah Engkau serahkan hambamu kepada kami, telah kami tulis segala amal perbuatannya dan engkau cabut ruhnya, maka izinkanlah kami naik ke langit”. Lalu Allah SWT berfirman: “ Langit ini telah dipenuhi malaikat yang sama membaca Tasbih, maka kembalilah kalian berdua dan bacalah Tasbih untuk-ku diatas kubur hamba-ku, bacalah takbir dan tahlil serta tulislah semua itu untuk. [shareinfomanfaat.blogspot.com]