5 Cara Menjaga Telinga Agar Tetap Sehat

Menjaga kesehatan telinga agar tetap sehat sangatlah penting untuk anda ketahui, pasalnya telinga adalah bagian penting dalam kegiatan kehidupan sehari-hari. Ada jutaan gangguan pendengaran yang dapat mengancam anda jika anda tidak menjaga kesehatan organ pendengaran anda yaitu telinga atau yang biasa disebut kuping. Telinga adalah bagian penting dari tubuh karena telinga termasuk dalam salah satu panca indera manusia. Anda pastinya tau bahwa hampir semua kegiatan kita menggunakan telinga. Berbicara tentang penyebab gangguan telinga sangatlah bervariasi, mulai dari cedera pada telinga, masuknya benda asing di telingan, faktor genetik, cacat lahir, infeksi, paparan suara keras, efek samping dari obat tertentu dan sebab lainnya. Jika tidak ditangani dengan baik, maka sangat mungkin anda bisa kehilangan pendengaran anda. Itulah alasan mengapa kita harus menjaga kesehatan telinga. Untuk mengetahui bagaimana menjaga kesehatan telinga, simak ulasannya berikut ini.

1. Hindari lingkungan yang bising
Hindari suara bising seperti tempat karaoke dan lainnya. Karena dengan sering mendengar suara yang bising bisa membuat anda menjadi tuli, jika anda bekerja ditempat yang bising maka gunakanlah perangkat pelindung telinga.

2. Seng dan asam folat
Tidak hanya dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, seng dan asam folat juga baik untuk menjaga kesehatan telinga. Kurangi konsumsi gula, kafein, rokok, garam dan pemanis buatan.

3. Bersihkan telinga secara teratur
Anda bisa membersihkan telinga dengan cutton bud, tapi jangan terlalu kuat untuk mendorong cotton bud kedalam telinga ketika anda sedang membersihkannya. Karena membersihkan telinga dengan cara mendorong atau memasukkan cutton terlalu dalam justru akan mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam. Hindari juga alat-alat yang dapat mendorong kotoran telinga masuk ke liang telinga, karena dapat menyebabkan cedera dan gangguan pendengaran.

4. Hindari mengobati telinga sendiri
Jika telinga anda terasa sakit atau bergending, lebih baik berkonsultasi dengan dokter THT yang akan memeriksa kesehatan telinga anda lebih dalam. Apa pun yang terjadi pada telinga anda, dokter akan memberikan saran penting bagi kesehatan telinga anda.

5. Jangan mendengarkan lagu dengan earphone
Mendengarkan lagu dengan earphone memang sangat menyenangkan, mendengarkan lagu dengan earphone baik suara kecil ataupun besar dapat membuat kesehatan telinga anda berkurang dari batas normal pendengaran. Jika anda ingin mendengarkan lagu sebaiknya tanpa menggunakan earphone. Ini akan lebih baik untuk kesehatan telinga anda.