Manfaat dan Khasiat Temu Hitam atau Temu Ireng

Manfaat dan Khasiat Temu Hitam atau Temu Ireng - Tanaman obat yang akan kami bahas kali ini merupakan salah satu jenis dari Klasifikasi dari Plantae. Dengan mempunyai nama latin atau ilmiah Curcuma aeruginosa. Temu ireng ini juga terbukti sangat ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Temu hitam ini masih satu keluarga dengan Temulawak, sehingga pemanfaatan sehari-hari juga sama persis dan mungkin tidak ada beda sedikitpun. Namun untuk menyempurnakan ilmu, tidak ada salahnya jika kami bahas dan kupas sedikit, meski ringkas namun kami harap bisa membantu keingin tahuan anda mengenai manfaat dan Khasiat Temu ireng tersebut.
Manfaat dan Khasiat Temu Hitam atau Temu Ireng
Temu ireng sangat sering sekali digunakan untuk campuran jamu tradisional dan pada setiap wilayah, temu hitam mempunyai banyak nama pangilan. Salah satunya yaitu disebut dengan teu lotong, temu ireng, dan temu erang. Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan pada temu ireng atau temu hitam? Dan Apa saja manfaat serta khasiat temu ireng bagi kesehatan? Nah kedua pertanyaan ini membuat kami tertantang untuk mencari informasi agar anda tidak lagi kebingungan mencari informasi dari tempat / web/ blog lain sehingga dengan membaca disini saja anda sudah mendapat banyak ilmu dan pengetahuan.

Untuk yang pertama, mari kita bahas dulu mengenai ciri dari tanaman temu ireng, yang pohonnya berbentuk terna, berbatang semu serta daun membentuk pelepah tersusun rapi berwarna hijau. Daunnya terlihat seperti basah dan juga berwarna merah gelap seperti lembayung.

Beberapa kandungan pada Temu Hitam / Temu ireng adalah : Minyak atsiri, Pati, kurkumin dll. dan untuk beberapa khasiat dari temu ireng, berikut rinciannya :

Manfaat dan Khasiat Temu Hitam atau Temu Ireng Bagi kesehatan :
  • Sebagai antioksidan
  • Penambah selera makan bagi anak.
  • Penambah darah alami.
  • Mencegah sel kanker / antikanker.
  • Menurunkan kadar kolesterol darah.
  • Mencegah dan mengobati jerawat
  • dll.
Nah itu sedikit keterangan singkat dari kami, semoga Manfaat dan Khasiat Temu Hitam atau Temu Ireng ini bisa membantu dan berguna bagi orang banyak. jangan lupa dishare ke teman-teman yang lain ya..! selamat membaca!