( Kisah Nyata ) Bahaya Rumput Fatimah,,Mohon disebarluaskan informasi ini, saya dan anda semua mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan informasi ini kepada siapa pun karena informasi ini bisa `menyelamatkan` nyawa seseorang.

Petaka Si Cantik Fatimah Labisa Pumila di Banyumas (True Story) 
by Dr. Suryo Bawono, SpOG 


Saya bakal bercerita diantara peristiwa yang pernah saya alami. Waktu itu saya tengah berdinas di RSUD Banyumas, di Jawa Tengah. Sebagai deskripsi, RSUD Banyumas waktu itu yaitu rumah sakit negeri yg cukup disukai pasien dengan kebersihan setara hotel berbintang. 

Saya terima pasien yg datang dengan keh4milan pertama, umur keh4milan 9 bln. serta sudah mulai masuk persalin4n dengan kontr4ksi r4h!m yg teratur dan pembukaan 2 cm kurang lebih jam 7-8 pagi. Hasil perekaman jantung j4nin perlihatkan kalau j4nin dalam keadaan baik dan dapat lakukan persaln4n. Berhub*ung pembukaan masihlah kecil, jadi pasien diistirahatkan di kamar sambil menanti pembukaan bertambah. 

Saat itu saya full day tinggal di rumah sakit 24-7 dengan kata lain 24 jam dan 7 hari. Saat saya tengah istirahat sore jam 7an malam, mendadak saya dikagetkan berita dari bidan jagalah yg memberitahukan kalau pasien itu kesakitan dan saat dikerjakan perekaman jantung nyatanya denyut jantung sudah tak ada dengan kata lain j4n!n sudah meninggal. Suami pasien dan keluarga pasien sebagian marah dan menyalahkan saya serta perlakuan yang didapatkan. 

Saat saya kerjakan kontr0l, saya temukan kondisi yg tak wajar. Pembukaan masihlah 2-3 cm dengan kontr4ksi yg sangat kuat yang seperti kontr4ksi pada pembukaan 8-9 cm. Saya terasa tentu ada yg tidak beres, saat saya tanyakan ke keluarganya, adakah diberikan `sesuatu` awalannya mereka tidak mengakui. Saya minta bidan saya memeriksa ke kamar pasien adakah yang mencurigakan sambil saya senantiasa mengumpulkan informasi dari keluarga pasien. 


Mereka tetap masih berupaya menyalahkan perlakuan rumah sakit atas meninggalnya j4nin itu. Namun selanjutnya bidan jaga menemukan ada rendaman `rumput` dan gelas di kamar pasien, dan barulah keluarga pasien itu mengaku. 

Nyatanya pasien sudah diberikan minuman rendaman rumput fatimah saat di kamar rawatan, dan ini di luar pengetahuan dokter. Seperti kita ketahui kalau `rumput fatimah` (Labisa pumila) datang dari Timur Tengah dan mempunyai sebutan lain seperti Kaf Mariyam (bhs arab) yang berarti `telapak tangan mariyam`, dan beberapa orang barat menyebutnya sebagai Mawar Jericho. Tanaman ini mempunyai dampak uterotonik dengan kata lain bisa mengakibatkan kontr4ksi r4h!m. Kontr4ksi r4h!m yang ditimbulkannya bisa menyebabkan persal!n4n, oleh karena itu beberapa orang menggunakan tumbuhan ini untuk `memperlancar persalinan`. Walau demikian ukuran dosis tak dapat di pastikan, dengan hal tersebut batas aman juga sulit ditetapkan. Kalau satu zat bisa menyebabkan kontr4ksi, jadi dalam kandungan rendah bisa `memperlancar pers4l!nan`. Tetapi pada kandungan yg tinggi ada bah4ya yg mengintai, yaitu dapat menyebabkan kontr4ksi yang berlebihan atau over (arti medisnya : hiperstimul4si). Kondisi berikut yang sangat beresiko karena bisa mengakibatkan j4n!n tidak dapat hingga dapat meninggal, atau bahkan r4h!m yg tak mampu hingga bisa robek dan menyebabkan meninggalnya ibu dan j4n!n. 

Oleh karenanya, saya senantiasa himbau untuk semuanya pasien, keluarga pasien, kenalan, relasi, tetangga dan sebagainya agar menyebarluaskan bahaya si cantik Fatimah ini. Jangan sampai sekali-kali konsumsi rumput Fatimah ini saat j4n!n masihlah didalam perut, namun apabila bayi telah lahir, silahkan saja ingin minum seberapa banyak anda menginginkan tidak akan ada permasalahan.  

Mohon disebarluaskan info ini, saya serta anda semuanya memiliki tanggung jawab untuk mengemukakan info ini pada siapa juga lantaran info ini dapat `menyelamatkan` nyawa seseorang.