7 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Sepeda merupakan transportasi kendaraan beroda dua, ada juga yang beroda tiga. Bersepeda biasanya dilakukan di pagi atau di sore hari, di zaman dahulu kala sepeda adalah transportasi yang banyak digunakan. Karena belum ada transportasi modern seperti motor, mobil dan sebagainya. Taukah Anda bahwa bersepeda merupakan salah satu olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh seseorang. Lantas, apa saja manfaat yang di dapat dari bersepeda??


Sahabat, tips kesehatan. Seiring berkembangnya zaman, banyak orang yang lebih memilih model transportasi yang lebih cepat untuk menuju ke suatu tempat tanpa menguras keringat dan tenaga. Bisa kita lihat, di era zaman sekarang ini sepeda motor dan mobil lah kendaraan yang paling banyak digunakan di sepanjang jalan raya. Ada hari dimana mobil dan motor tidak boleh melintas, dinamakan hari car free day ( hari tanpa sepeda motor dan mobil) yang ada di daerah Jakarta tepatnya di bundara HI dan di daerah dan kota kota lainnya. Maka dari itu, ada baiknya kita memahami dan mengetahui manfaat dari bersepeda. Berikut inilah 7 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh Anda.

1. Memperkuat dan menjaga kesehatan jantung
Dalam sebuah studi, bersepeda dengan intensitas sedang selama 3 (tiga) kali seminggu dalam waktu 30 menit selama satu tahun mampu menurunkan tekanan dan juga menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Sebagai pembakar kalori bagi tubuh
Memiliki tubuh yang proporsional tentu impian semua orang. Maka dari itulah, bersepeda rutin sangat efektif untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh seseorang.

3. Memperkuat dan memperkokoh tulang 
Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang mengandalkan kekuatan kaki dan tangan pemiliknya. Dengan rutin bersepeda setiap hari, maka secara otomatis daerah paha, betis, lengan serta pergelangan tangan menjadi semakin kuat.

4. Meningkatkan energi dalam tubuh
Faktanya, menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh the journal Psychotherapy and Psychosomatics, bersepeda dapat meningkatkan energi tubuh sebesar 20 % (persen) serta menurunkan tingkat kelelahan tubuh secara significan (60 persen). Ini dikarenakan, bersepeda akan merangsang otak untuk melepaskan dopamin neurotransmitter yang berkaitan dengan energi dalam tubuh.

5. Menyehatkan persendian
Dibanding olahraga seperti berjalan kaki maupun berlari, bersepeda akan sedikit sekali mengurangi tekanan pada persendian kaki anda. Dan pastinya mengurangi rasa nyeri sehabis melakukan olahraga bersepeda.

6. Meningkatkan kekuatan otot
Dengan rutin bersepeda setiap hari, maka secara otomatis semua otot pada tulang ikut bergerak dan aktif. Sehingga lambat laun kekuatan semua otot pada tubuh akan meningkat secara drastis.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh
Dengan rutin bersepeda, maka daya tahan tubuhpun akan lebih terjaga. Sehingga aktivitas dan pekerjaan berjalan lebih lancar, karena tubuh tidak mudah sakit dan terserang penyakit.