7 Makanan Laut Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

7 Makanan Laut Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung - Jantung adalah organ penting dalam tubuh manusia, karna fungsi jantung yang utama adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi asupan makanan yang sehat. Makanan sehat apa yang dimaksud? ya tentu makanan sehat untuk kesehatan jantung Anda. Menurut para ilmuan dibidang kesehatan mengklaim, mengkonsumsi satu porsi makanan laut perminggunya dapat mengurangi risiko serangan jantung sebesar hampir 50 persen. Waww bukan? Hampir 50persen lhoo, makanan laut seperti kepiting, udang, cumi-cumi dan kerang yang memiliki vitamin dan mineral yang sama seperti kandungan nutrisi pada ikan salmon. Taukah anda bahwa ikan salmon banyak mengandung asam lemak omega-3 atau asam lemak esensial yang dapat dipercaya membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan seperti keju, daging merah dan makanan cepat saji, yang dapat mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang sangat tinggi. Kenapa? karna makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi dapat mengganggu kesehatan pada jantung Anda.


Sebenarnya, penyakit jantung atau serangan jantung memang banyak dialami pada pria berusia diatas 45 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan buat kita para remaja juga terkena penyakit jantung. Nahh pada kesempatan kali ini saya selaku penulis akan membagikan cara untuk menjaga kesehatan jantung Anda, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan laut. Berikut adalah 7 Makanan Laut Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung Anda

1. Kepiting
Makanan laut seperti kepiting, kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega 3. makanan ini juga kaya akan mineral penting seperti selenium, kromium, kalsium, seng (zinc). Kepiting juga memiliki nilai kalori yang rendah yaitu hanya 128 kalori dalam 100 gram kepiting. Harus diingat konsumsi kepiting tidak boleh terlalu sering, terutama bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

2. Cumi - Cumi
Para ahli mengungkapkan bahwa cumi-cumi merupakan sumber makanan laut yang kaya akan kandungan protein, omega-3, tembaga, seng, vitamin B dan yodium. Kandungan tembaga dalam tubuh cumi-cumi yang baik untuk penyerapan, penyimpanan dan metabolisme zat besi dan pembentukan sel darah merah. Namun, Anda harus menghindari mengkonsumsi cumi-cumi dengan cara digoreng.

3. Tiram
Sama seperti makanan laut lainnya, tiram kaya akan kandungan protein, seng, omega-3 dan rendah kolesterol. Ahli gizi juga mengatakan bahwa tiram mengandung banyak asam amino tirosin, yang dapat membantu meningkatkan suasana hati (mood) dan mengatur kadar stres. Tiram juga mengandung seng (zinc) yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan makanan lain, yang berfungsi untuk mendukung kesehatan seksual dan reproduksi, terutama pada pria.

4. Kerang
Kerang adalah bagian dari keluarga 'moluska' dan memiliki cangkang eksternal berengsel ganda. Kerang mengandung selenium, zat besi, asam folat, vitamin A, vitamin B, seng dan yodium, unsur kandungan kimia yang dapat membantu tiroid yang kurang aktif untuk memproduksi tirosin. Kerang juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi, asam folat, dan vitamin B12, nutrisi ini memiliki fungsi untuk membantu mengatasi kelelahan, kebingungan dan kerusakan saraf.


5. Udang
Gizi udang tertinggi berdasarkan kebutuhan manusia sehari-hari adalah fosfor dan natrium, udang juga tinggi akan kandungan vitamin B12 yang diperlukan oleh tubuh untuk pembelahan sel. Kandungan mineral selenium dan tiroid yang memiliki sifat untuk melindungi dan mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

6. Lobster
Lobster adalah sumber protein yang sangat baik. udang besar alias lobster ini juga tinggi akan kandungan yodium, selenium, vitamin B dan juga sangat rendah kolesterol dan kalori jika dibandingkan dengan daging sapi dan juga udang. Sebagai salah satu makanan yang dianggap mewah, lobster juga merupakan sumber protein yang baik dan tanpa lemak, dan juga sangat tinggi akan kandungan vitamin E untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.


7. Ikan Salmon
Ikan ini dikenal sebagai sumber terbaik asam lemak Omega-3 yang sudah dikenal dapat melindungi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa asam lemak omega 3 bisa mengurangi kasus kematian yang di akibatkan oleh masalah jantung. Studi terbaru menunjukkan, Omega-3 dapat melindungi kesehatan mata dan mencegah kebutaan yang terkait dengan degenerasi makula.