SANGAT RUGI JIKA ANDA TIDAK SUKA GENJER !!! TERNYATA MAMPU MENCEGAH KANGKER, SEMBELIT DAN JANTUNG !!! TOLONG BANTU BAGIKAN YA..


Genjer (limnocharis flava) yaitu satu di antara tipe tumbuhan rawa yang banyak diketahui diarea persawahan atau perairan dangkal seperti sungai atau kali. Tumbuhan itu seringkali disangka sebagai tanaman hama karena khasiatnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Banyak nama lain yang biasa digunakan untuk mengatakan genjer. Dibeberapa daerah indonesia, misalnya, orang sering konsumsi genjer dengan sebutan paku rawan walaupun penanaman itu sebenarnya tidak pas karena genjer bukan adalah anggota tumbuhan paku.

Selain itu, tanaman genjer juga dikenal sebutan haleyo (Batak), eceng (Melayu), saber (Sunda), juga centongan (Jawa). Diluar negeri, genjer dimaksud dengan nama limnocharis, sawah-flower rush, sawah lettuce, velvetleaf, yellow bur-head, atau cebolla de chucho.

Manfaat :
Walaupun sering dikira sepele dan peroleh predikat sebagai “sayur orang miskin”, namun genjer nyatanya mempunyai kandungan cukup banyak unsur gizi yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti kalori, vitamin B1, lemak, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, kardenolin, flavonoida, dan polifenol.

Genjer juga yaitu satu di antara tipe tanaman yang kaya serat. Oleh karena itu, tak


mengherankan apabila genjer bermanfaat untuk tubuh manusia terkecuali bisa diolah sebagai bahan sayuran untuk membuahkan masakan yang lezat.

Manfaat genjer untuk kesehatan diantaranya, untuk jadi lancar saluran pencernaan, menambah nafsu makan, meremajakan sebagian sel tubuh, membuahkan cadangan daya, menguatkan tulang, menghindar kanker kolon, menghindar sembelit, serta dapat kurangi peluang penyakit kanker serta jantung.

Olahan
Genjer yakni tipe tanaman yang selalu tumbuh di selama tahun. Tersebut penyebabnya, genjer sangat mudah diketahui dan sering dimasak untuk mengkonsumsi keseharian. Satu di antara hasil olahannya yakni Tumis Sayur Genjer. Berikut ini langkah membuatnya :

Tumis Sayur Genjer
Bahan dan Bumbu :
200 gr genjer dipotong-potong
5 butir bawang merah, irislah tipis
3 siung bawang putih, irislah tipis
2 lembar daun salam
2 sendok makan ebi, seduh, memarkan, dan sangrai
3 buah cabai merah, potong-potong
3/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
2 buah tomat, potong-potong
50 cc air
1/2 sendok makan kecap manis
2 sendok makan minyak untuk menumis

Langkah Bikin :
Panas kan minyak untuk menumis.
Tumis bawang merah, bawang putih, daun salam, tomat, dan cabai merah. Aduk rata sampai harum.
Lalu masukan ebi yang telah disangrai dan aduk lagi hingga merata
Masukan genjer, garam, gula pasir, dan kecap manis. Aduk hingga genjer layu.
Lalu, tuang air dan biarkanlah hingga meresap.
Angkat dan genjer siap disajikan dengan nasi putih hangat.

Sedaaaap....! dan bermanfaat.