Ini 9 Manfaat Luar Biasa Bayam Yang Belum Kita Ketahui



Bayam, hampir Semua orang di Indonesia boleh jadi pernah mengkonsumsi sayuran ini. Bayam atau amaranthus spp merupakan sayuran yang sangat populer. Biasanya tanaman ini dimakan daunnya untuk dijadikan masakan.

Umumnya dikenal dua macam bayam sayur yakni bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik berdaun lebar dan tumbuh tegak besar(hingga 2 meter) dan daun mudanya dimakan terutama sebagai lalapan, urap, serta digoreng setelah dibalur tepung. Daun bayam cabut berukuran kecil dan ditanam untuk waktu singkat (paling lama 25 hari), lebih cocok untuk dibuat sup encer seperti sayur bayam dan sayur bobor.

Manfaat 
Sayuran ini mendapatkan julukan king of vegetables karena memiliki bayak sekali manfaat. Diantaranya:
  1. Bayam merupakan sumber serat. Seperti yang kita tahu, serat makanan baik untuk membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah, dan makan berlebihan.
  2. Dalam sayuran ini terdapat flavonoid yang bersifat antikanker. Flavonoid telah terbukti dapat memperlambat pembelahan sel dalam perut manusi dan sel-sel kanker kulit \. Selain itu, bayam juga mampu memberikan perlindungan terhadap terjadinya kanker prostat agresif. 
  3. Vitamin C, vitamin E, beta karoten, mangan, seng, dan selenium yang terkandung di bayam berfungsi sebagai antioksidan. Beta karoten dan vitamin C pada bayam berfungsi melindungi sel-sel usus dari efek berbahaya radikal bebas. Kerusakan DNA dan mutasi pada sel-sel usus dapat di cegah dengan folat yang terdapat pada sayuran hijau ini. 
  4. Bayam mengandung angiotensin yang efektif menurunkan tekanan darah. 
  5. Satu cangkir bayam mengandung lebih dari 337 persen dari Angka Kebutuhan Gizi (AKG) vitamin A. Jumlah vitamin A yang tinggi pada bayam tersebut selain menyehatkan mata juga menjadikan kulit sehat. 
  6. Satu cangkir bayam rebus mengandung lebih dari 1000 persen Angka Kebutuhan Gizi (AKG) vitamin K yang dapat mencegah aktivasi kelebihan osteoklas ( sel-sel yang memcah tulang). Serta membentuk sintesis osteocalcin, yakni protein yang sangat penting untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.
  7. Vitamin K adalah komponen penting dari proses yang disebut karboksilasi yang menghasilkan protein matrik GLA yang secara langsung mencegah kalsium dari pembentukan kapur dalam jaringan. Mengkonsumsi satu cangkir bayam berkontribusi terhadap proses ini yang melawan atersklerosis, penyakit jantung, dan stroke. Selain itu banyak vitamin K juga melancarkan sistem saraf dan fungsi otak . 
  8. Zat besi mineral yang terdapat pada bayam sangat baik untuk wanita menstruasi dan pertumbuhan anak-anak dan remaja. Dibandingkan dengan daging merah, bayam lebih banyak mengandung kalori seperti rendah lemak dan bebas kolesterol.
  9. Sayuran bayam memang memiliki banyak sekali manfaat, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika anda penyuka sayuran ini. Jangan memanaskan sayuran bayam berulang kali karena akan mengakibatkan terjadinya oksidasi kandungan zat besi dalam bayam menjadi racun. Selain itu bila bayam disimpan terlalu lama dalam lemari es, maka akan membuat kandungan nitritnya naik, dan bila dikonsumsi, hemoglobin akan kesulitan mengikat oksigen. (Sumber:reportaseterkini.net)