7 Manfaat Besar Buah Mangga Bagi Kesehatan

7 Manfaat Besar Buah Mangga Bagi Kesehatan - Mangga adalah buah yang banyak digemari di kalangan masyarakat Indonesia. Rasa manis dan aromatik pada mangga inilah yang membuat orang menyukai buah ini. Buah mangga bisa kita temui di mana saja, biasanya buah mangga tumbuh di sekitar perkebunan, di depan halaman rumah atau yang sudah matang dan siap di santap bisa kita temui di pasar.


Mangga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat dari mangga sendiri berasal dari daging buahnya yang kaya akan nutrisi, senyawa bioaktif dan serat. Mangga termasuk buah yang banyak mengandung vitamin. Vitamin A, C dan E, serta mineral, kalium, magnesium, tembaga, kalsium dan fostor.

Oleh sebab itu, tak heran jika buah mangga memiliki manfaat besar untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Berikut ini adalah 7 Manfaat Besar Buah Mangga Bagi Kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Mencegah kanker
Sifat anti-karsinogenik menjanjikan mangga berasal dari serat dan vitamin konten C yang tinggi, seiring dengan hadirnya beberapa fenol dan enzim. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyawa anti-karsinogenik dan antioksidan di mangga dapat mencegah terjadinya kanker usus besar, payudara, paru-paru, kulit, leukemia dan kanker prostat.

Beberapa senyawa antioksidan yang ditemukan dalam mangga yang membantu melawan kanker adalah quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan metil Gallat.

2. Menurunkan kolesterol
Makan mangga secara teratur dapat menjaga tingkat kolesterol. Mangga kaya akan Vitamin C yang tinggi, pektin dan serat yang hadir untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, terutama kolesterol 'buruk' LDL serta trigliserida dalam darah. Pada saat yang sama, mangga membantu meningkatkan kolesterol 'baik' HDL.

3. Meningkatkan penglihatan
Mangga juga ‘makanan’ untuk mata Anda. Tingginya jumlah vitamin A yang hadir dalam buah mangga merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata. Vitamin A mempromosikan penglihatan yang baik dan mencegah berbagai gangguan, seperti mata rabun senja, katarak, degenerasi makula, mata kering, kornea rusak dan ketidaknyamanan.

4. Mencegah heat stroke
Untuk mengurangi risiko Anda terkena heat stroke, penting untuk mempertahankan tingkat cairan dalam tubuh Anda. Mangga menjadi sumber buah yang kaya kalium, dan membantu menjaga tingkat natrium, yang nantinya mengatur kadar cairan tubuh dan melindungi Anda dari serangan heat stroke.

5. Menjaga pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam mangga membantu pencernaan dan penghapusan produk limbah, serta menormalkan buang air besar. Mangga juga dapat membantu mencegah gangguan pencernaan seperti penyakit Crohn, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Gastroenterology pada tahun 2013.

6. Meningkatkan ingatan dan konsentrasi
Mangga juga meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan tingkat konsentrasi. Asam glutamin yang pada mangga juga dikenal untuk meningkatkan memori dan mempromosikan kewaspadaan mental. Juga, mangga mengandung vitamin B6, yang sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan fungsi otak.

7. Meningkatkan sistem kekebalan
Jumlah yang tinggi vitamin C dan A di mangga memainkan peran kunci dalam menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap sehat dan kuat. Vitamin A sangat penting untuk menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh.