Fakta Seputar operasi Caesar yang Bunda PERLU TAU!


Operasi Caesar merupakan salah satu cara medis yang dipilih oleh banyak wanita yang tak mau melahirkan dengan cara normal. Operasi caesar menawarkan kenyamanan atau mengurangi rasa sakit saat proses persalinan. Namun sebenarnya operasi caesar ini dilakukan untuk wanita yang benar benar sudah tidak mampu menjalani operasi normal.


Operasi Caesar ini awalnya hadir hanya untuk menyelamatkan bayi apabila sang ibu sekarat atau saat melahirkan dan dilakukan dengan cara memotong perut sehingga ibu hanya dibius dan menjalani perawatan lebih intensif. Hal ini biasanya dilakukan pada kondisi fisik ibu yang sudah benar benar lemah dan kehabisan tenaga.

Namun tahukah kamu jika operasi Caesar ini juga memiliki sejumlah fakta khusus yang wajib kamu ketahui. Seperti yang dilansir dari detik.com, inilah dia 4 fakta seputar operasi caesar yang wajib kamu ketahui.

1. Risiko kematian ibu

Salah satu fakta seputar operasi Caesar ini memiliki juga bisa beresiko soal kematian sang ibu lebih rendah. Operasi Caesar ini memiliki tingkat rendah kematian sang ibu, itulah kenapa jika operasi caesar ini banyak dipilih para ibu karena tidak terlalu bertaruh nyawa. Berebda dengan melahirkan normal dimana ibu harus berjuang sekuat tenaga untuk bisa menyelamatkan bayi dan berkorban nyawa demi buah hatinya itu bisa keluar ke dunia.

2. Risiko pada ibu

Operasi Caesar ini juga beresiko pada sang ibu. Menurut sejumlah profesor Universitas Oregon Health & Science, Dr Aaron B. Caughey, mengatakan jika operasi Caesar bisa menyelamatkan nyawa anak serta ibu, apabila dilakukan dengan prosedur yang tepat. Namun setelah melakukan operasi Caesar , para ibu juga rentan melakukan pendarahan, infeksi, dan cedera jika operasi tersebut tidk dilakukan sesuai panduan.

3. Risiko Pada Bayi

Operasi Caesar juga memiliki resiko pada bayi yakni sekitar 26 persen lebih tinggi mengalami obesitas saat dewasa dibandingkan bayi yang melakukan persalinan normal. Hal ini telah dilakukan penelitian dalam studi yang diterbitkan tahun 2014 oleh jurnal PLoS ONE . Bahkan yang lebih ironisnya lagi jika bayi yang dilahirkan secara Caesar bisa menghadapi risiko penyakit kronis lebih tinggi seperti yang dilakukan pada studi dari Universitas York di Toronto.

4. Bukan Penyebab Autisme

Selama ini banyak orang mengatakan jika operasi Caesar adalah penyebab anak memiliki gangguan Autisme. Namun faktanya operasi Caesar bukanlah penyebabnya sebab penyakit Autisme bisa disebabkan akibat faktor genetik ataupun lingkungan seperti yang telah dilakukan dari studi dari Universitas Cork di Irlandia.

Nah, itulah dia keempat fakta seputar penyakit Caesar yang wajib kamu ketahui.