SEMUA MUSLIM MOHON Di SHARE !! " PUASA ARAFAH SEHARI SEBELUM LEBARAN IDUL ADHA, INI KEUTAMAANNYA.....

Puasa sebelumnya Idul Adha umum dimaksud dengan puasa arafah, hukum melakukan beribadah puasa arafah yaitu seunnah muakkadah atau begitu dianjurkan untuk semua golongan muslimin. 
Puasa arafah ini dikerjakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, tepat pada saat jamaah haji tengah melakukan beribadah wukuf di arafah, tepatnya satu hari sebelumnya Hari Raya Idul Adha. 


sesuai sama ketentuan Kementrian Agama Indonesia serta Mahkamah Saudi yang dengan cara serentak menyebutkan kalau 1 Dzulhijjah jatuh pada hari sabtu 3 September 2016, Jadi puasa arafah th. 2016 ini jatuh pada hari Ahad 11 September 2016 besok. 

Imam Nawawi dalam Al Majmu' Syarh Al Muhaddzab (6 : 428) berkata, " mengenai hukum puasa arafah menurut imam Syafi'i serta ulama Syafi'iyah : disunnahkan puasa arafah untuk yg tidak berwukuf di Arafah. Mengenai orang yang sedang berhaji serta waktu ada di arafah, menurut Imam Syafi'i, beliau berpendapat kalau disunnahkan untuk jamaah haji untuk berpuasa lantaran ada hadits dari Ummul Fadhl. " 

Ibnu Muflih dalam Al Furu' yang disebut kitab pegangan madzab hanbali (3 : 108) menyampaikan, " disunnahkan melakukan puasa pada 10 hari pertama Dzulhijjah, lebih-lebih lagi puasa pada hari kesembilan, yakni hari Arafah. 

Puasa arafah mempunyai sebagian kelebihan serta keutamaan, salah satunya : 

1. Allah SWT bakal mengampuni dosa-dosanya selama dua tahun, yaitu tahun lalu serta tahun yang akan datang. 

2. Allah SWT bakal menjaganya tidak untuk berbuat dosa sepanjang dua tahun 
3. Insya Allah dibebaskan dari api neraka
Mengenai orang yang berhaji tak disunnahkan untuk melakukan puasa arafah. hal ini seperti pernah dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. 

hal hal-hal lain yang bisa kita kerjakan untuk memperoleh kemuliaanNya yakni disarankan juga untuk perbanyak amal-amal shalih yang lain seperti shalat sunnah, sedekah, zikir, takbir, tilawah Quran, berbakti pada orang-tua serta amal-amal shalih yang lain. 

Karenanya, puasa Arafah baiknya kita gunakan kesempatan semaksimal mungkin. Insya Allah, amalannya dapat meningkatkan derajat, memperbanyak catatan kebaikan, serta menghapus dosa-dosa.