Sudahkah Anda Membersihkan Kotoran Telinga Dengan Cara Ini? Berarti Anda Tertipu..Mari Simak Faktanya Di Bawah Ini !

Apakah anda termasuk orang yang melakukan perawatan telinga dengan memakai ear candle? Bila belum pernah, jadi beruntunglah kalian. Lantaran hasil penelitian menunjukkan kalau penggunaan ear candle tidak mempunyai manfaat sekalipun malah justru membahayakan diri anda. 

Mari simak faktanya di bawah ini, seperti diambil dari website doktercantik. com. 

Klaim Kelebihan Perawatan Ear Candle 

Perawatan ear candle adalah perawatan pada telinga yang “katanya” mempunyai tujuan untuk mengeluarkan kot0ran yang ada didalam telinga. 
Seperti yang kita ketahui, telinga adalah salah satu sisi tubuh yang paling susah dibersihkan. Kita umumnya memakai penyeka kapas (cotton bud) untuk bersihkan telinga. 

Tetapi pemakaian cotton bud terkadang jadi membuat kot0ran telinga makin masuk serta terdorong kedalam. Perawatan ear candle diperkenalkan sebagai perawatan untuk bersihkan kotoran yang ada didalam telinga. Terkecuali untuk mengeluarkan kot0ran, perawatan ini dapat diklaim memiliki sebagian manfaat lain seperti mengurangi s!nus, mengatasi permasalahan pendengaran hingga menghilangkan stress. 

Seperti namanya, bahan dasar perawatan ini yaitu lilin. Untuk melakukan perawatan ear candle ini, kita mesti mengerjakannya dengan posisi tidur menyamping supaya lilin dapat dimasukkan kedalam telinga. Untuk mencegah lelehan lilin mengenai kulit, dibutuhkan satu piring yang telah dilubangi untuk masuknya lilin. Sesudah diposisikan sedemikian rupa lilin itu dinyalakan. 

Menurut beberapa praktisi ear candle itu, langkah kerja ear candle yaitu seperti berikut : 
Api yang berasal dari dalam ear candle bakal menyebabkan panas yang bakal menyebabkan tekanan didalam daun telinga. 

Makin lama, tekanan didalam telinga makin besar serta membuat kot0ran didalam telinga menjadi lunak. Disamping itu, asap yang muncul dari batang ear candle bakal ikut masuk kedalam telinga sampai memenuhi ruangan telinga. 

Pada keadaan tersebut, asap yang sudah memenuhi ruangan telinga mencari jalan keluar. Lantaran tekanan yang besar serta kehadiran aliran udara didalam telinga, asap itu pada akhirnya keluar lagi lewat lubang batang ear candle. 

Saat asap hasil bak4ran ear candle keluar melalui lub4ng batangnya, kot0ran yang menempel di gendang telinga serta telah lunak ikut terangkat serta keluar bersama asapnya. 

Faktanya 

Berikut fakta fakta dibawah ini akan membuat Anda berpikir 2 x untuk melakukan perawatan ear candle. 

1. Tidak ada kot0ran (earwax) yang berhasil dikeluarkan 

Tuturnya perawatan ini mempunyai tujuan untuk mengeluarkan kot0ran pada telinga. Ketika perawatan sudah selesai sang terapist dengan bangganya menunjukkan ear candle pada kita serta menunjukkan “kot0ran” yang berhasil diangkat serta kita umumnya percaya serta menganggap cara ini betul-betul efektif. 

Tahukah anda, kita tertipu. Yang disebut kot0ran (earwax) itu sebenarnya yaitu sisa pemb4karan lilin bukannya kot0ran pada telinga kita. Terkejut kan? Bila kot0ran tidak keluar, lantas maksud perawatan ini sesungguhnya apa? 

2. Ear Candle cuma mitos 

Prof. Dr. Zainul. A. Djaafar, seseorang ahli THT serta ahli bed4h menyampaikan “ear candle cuma mitos, tidak ada kaitannya dengan kebersihan serta kesehatan telinga”. 

Mengingat poin pertama di atas yang menerangkan kalau tidak ada kot0ran yang keluar lantaran perawatan itu, jadi tidaklah berlebihan bila ear candle dikira satu mitos lantaran tak ada manfaatnya sama sekali. Terlebih ear candle bisa jadi bahaya untuk kita. 

3. Ear candle makin mendorong kotoran ke dalam 

Apa anda masihlah berpikir ear candle berguna waktu nyatanya bukannya membawa kotoran keluar telinga, ear candle malah bikin kotoran didalam telinga kita terdorong ke liang telinga yang lebih dalam. 

Kotoran itu bahkan juga menumpuk serta jadi kering. Hal semacam ini pastinya bakal bikin pendengaran kita terganggu. 

4. Ear candle dilarang di Kanada 

Apa kiranya yang bikin satu perawatan dilarang bila bukanlah bahaya yang ada di dalamnya. Ya di Kanada perawatan ear candle ini telah dilarang dengan cara tegas oleh pemerintah lantaran bahaya yang dapat ditimbulkannya. 

Perawatan ear candle ini selain tidak ada manfaatnya dalam kesehatan juga memiliki resiko pada permasalahan kulit lain seperti luka bakar yang dapat diakibatkan oleh leleh4n lilin atau iritasi serta penyumbatan pada telinga. 

Sesungguhnya kotoran telinga Anda dapat keluar dengan sendirinya karena dorongan mek4n!sme 0t0t pipi waktu Anda mengunyah makanan. Kotoran itu bakal keluar sendiri di daun telinga bersama debu. 

Jadi, Anda tidak butuh mengambil resiko dengan meng0rek-ng0rek telinga hingga ke sisi tengah serta dalam, cukup bersihkan daun telinga serta telinga sisi luar saja. 

Bila Anda mengoreknya, kotoran tersebut akan makin terdorong kedalam cekungan telinga. Mengakibatkan kotoran tidak dapat keluar sendiri serta mengendap didalam liang telinga. 

Kotoran ini bakal menger4s serta membatu serta menyumbat telinga. Perihal ini pula yang sering jadi satu diantara penyebabnya berkurangnya kw4litas pendengaran seseorang