7 Makanan Sehat Ini Dapat Meningkatkan Kesuburan


7 Makanan Sehat Ini Dapat Meningkatkan Kesuburan - Memiliki keturunan adalah impian setiap pasangan suami istri. Maka dari itu ketika istri anda atau anda berjuang untuk hamil, peting untuk menjaga bahwa kesuburan anda tetap terjaga.

Pola makan yang tepat salah satu yang dapat membantu mengatur hormon dan meningkatkan kesehatan organ reproduksi sehingga dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Selain itu, menu makanan yang direncanakan dengan baik membantu mempersiapkan tubuh wanita untuk hamil juga dapat mencegah keguguran. Berikut ini adalah 7 makanan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan.

1. Beras Merah
Dalam studi selama enam tahun dari 18.000 perawat Harvard, peneliti menemukan bahwa mereka yang makan nasi putih, 92% lebih mungkin mengalami infertilitas dibandingkan dengan mereka yang makan beras merah.

Beras merah merupakan sumber yang baik dari karbohidrat kompleks, yang akan membantu meningkatkan kesuburan seorang wanita dengan mempromosikan ovulasi teratur. Selain itu, beras merah mengandung asam folat, yang membantu dalam produksi darah dan sangat penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.

2. Susu
Susu memiliki lemak yang diperlukan untuk kehamilan. Jika Anda tidak suka susu, Anda dapat menggantinya dengan es krim, yogurt atau keju dalam diet Anda untuk mendapatkan manfaat yang sama. Minum satu gelas susu per hari untuk memberikan tubuh Anda kalsium yang diperlukan dan meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

3. Minyak Zaitun
Sebuah studi yang dilakukan di Harvard School of Public Health menemukan bahwa asupan tinggi lemak tak jenuh tunggal secara langsung terkait dengan kemungkinan lebih tinggi dari kelahiran hidup.

Lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan mengurangi peradangan, dua hal ini baik untuk kesuburan. Jadi, wanita yang menjalani pengobatan infertilitas harus menyertakan minyak zaitun dalam diet mereka.

4. Brokoli
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Fertility and Sterility, vitamin C sangat penting bagi mereka yang berencana untuk hamil. Karena kandungan tinggi vitamin C, brokoli dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Pada pria, vitamin C meningkatkan kualitas sperma dan melindungi sperma dari kerusakan DNA. Sedangkan pada wanita, membantu mengurangi kemungkinan masalah keguguran dan kromosom.

Tidak hanya itu, brokoli kaya akan vitamin B serta kalsium, zat besi, dan zinc yang sangat penting bagi wanita yang ingin hamil ketika mereka berada di pertengahan 30-an atau lebih tua.

5.  Almond
Makanan tinggi vitamin E telah terbukti untuk meningkatkan kesehatan sperma pada pria. Studi juga menunjukkan bahwa kekurangan vitamin E pada wanita dapat menjadi salah satu penyebab infertilitas.

Vitamin E juga merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi DNA dalam sperma dan telur. Juga, nutrisi ini melindungi embrio dari keguguran. Untuk meningkatkan asupan vitamin E, salah satu makanan terbaik adalah almond.

6. Telur
Telur mengandung vitamin D, yang memainkan peran kunci dalam meningkatkan kesuburan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Yale University, wanita infertil sering menderita kekurangan vitamin D. Selain itu, telur kaya akan antioksidan dan karotenoid yang meningkatkan kesuburan pada wanita.

7. Salmon
Salmon adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kesuburan. Salmon memiliki kandungan tinggi asam lemak omega-3, yang dapat membantu mengatur hormon reproduksi, meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi, dan bahkan meminimalkan stres.

8. Kacang hitam
Kacang hitam kaya serat yang membantu mengatur kadar gula darah, yang membantu mengurangi masalah kesuburan seperti sindrom ovarium polikistik dan masalah imunologi dan mempromosikan keseimbangan hormonal yang sehat.