Jangan Terlalu Mengatur Anak, INI BAHAYANYA bagi Mental Anak!!


Apakah Anda memiliki kendali penuh atas segala hal yang dilakukan oleh anak Anda? Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pola asuh semacam itu dapat membuat anak jadi tidak bahagia dan mandiri di kemudian hari.

Penelitian ini dilakukan pada ribuan warga Inggris yang dimulai sejak mereka remaja hingga berusia paruh baya. Sebagaimana dilansir merdeka. com, para ilmuwan dari University College London mengatakan bahwa dampak negatif dari pola asuh semacam ini bisa berlangsung seumur hidup.

Mereka juga menambahkan bahwa orang tua yang melakukan kontrol psikologis pada anak-anak mereka, dengan tidak membiarkan mereka membuat keputusan mereka sendiri dan merusak privasi mereka, berisiko menimbulkan kerusakan mental jangka panjang di kemudian hari.

"Sebaliknya, orang yang memiliki orang tua yang menunjukkan kehangatan dan sikap tanggap memiliki kepuasan hidup lebih tinggi dan kondisi mental yang lebih baik," ungkap Dr Mai Stafford dari UCL.

Bahkan, para ilmuwan menyebut bahwa efek negatif dari pola asuh yang terlalu mengatur setara dengan penderitaan yang dirasakan oleh seseorang saat melihat kematian teman dekat atau kerabatnya. Penelitian ini diterbitkan dalam The Journal of Positive Psychology.