Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan – Hampir sama dengan daun pandan wangi, Suji merupakakan salah satu tanaman yang mempunyai kemampuan sebagai obat dan dimanfaatkan untuk bahan pangan yaitu sebagai pewarna alami. Beda dari pandan yang memberi aroma harum, suji hanya mampu mengubah warna makanan tanpa merubah bau pada makanan tersebut. Masih dalam klasifikasi kerajaan Pantae, Suji mempunyai nama latin atau ilmiah Draceana Angustifolia dan Pleomele Angustifolia. Selain sebagai bahan pangan, suji juga sering dijadikan tumbuhan hias yang ditanam dipekarangan atau menggunakan media tanam pot/.
Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan
Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan
Ciri / Deskripsi :
Suji merupakan tanaman Perdu tahunan dengan bentuk dan perawakan hampis sama dengan pandan. Bedanya hanya terletak pada pohonnya yang lebih tinggi dan juga daun suji lebih pendek dibanding dengan pandan. Tinggi pohon sekitar 1-2 m. Dengan daun berwarna hijau tua. Bunga tersusun majemuk dengan mahkota bunga berwarna putih kekuningan. Kenapa suji dijadikan tanaman hias? Sebab selain bisa dijadikan bahan pewarna makanan, suji juga mempunyai bunga yang sangat harum terutama pada saat sore hari. 

Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat serta khasiat daun suji untuk kesehatan? Pada umumnya pada daerah Asia khususnya Indonesia, akar dari tanaman bisa dijadikan tonikum (obat batuk) dan juga sebagai obat leukemia atau penyakit lain yang masih berhubungan dengan darah. Terus bagaimana cara mengolah suji untuk obat? Mungkin jawaban dibawah ini bisa menjawabnya.

Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan :
Sediakan akar suji yang sudah dicuci bersih kemudian haluskan dengan cara menumbuknya. Rebus dengan air hingga hampir mendidih dan tambahkan sedikit garam dapur. Selanjutnya tinggal diminum pada saat masih hangat.

Demikianlah bahasan sepintas mengenai Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu anda yang sedang mencari informasi dan juga menambah wawasan tentang tanaman obat yang ada dilingkungan sekitar.