Manfaat Dan Khasiat Daun Encok Untuk Kesehatan

Daun encok merupakan salah satu tanaman semak yang tumbuh baik didaratan yang kering maupun lembab. Diduga berasal dari afrika selatan, namun untuk sekarang ini juga sudah banyak tersebar hingga ke indonesia. Meski beracun dan mempuyai efek buruk bagi tubuh, namun jika penggunakan dengan voleume kecil, sedikit banyak juga sangat membantu untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Daun encok ini tergolong dalam klasifikasi kerajaan Plantae dan masih keluarga Plumbaginaceae, sehingga dalam dalam nama latn atau ilmiah, tanaman obat yang satu ini disebut dengan Plumbago zeylanica. Mungkin anda kurang mengenal tumbuhan yang satu ini, namun dengan melihat gambar dibawah ini, ada kemungkinan bahwa anda pernah melihat dan menjumpainya.
Manfaat Dan Khasiat Daun Encok Untuk Kesehatan
Manfaat Dan Khasiat Daun Encok Untuk Kesehatan
Dalam beberapa wilayah, tanaman daun encok ini mempunyai nama berbeda dan dipanggil dengan sebutan berbeda juga. Seperti salah satunya pada daerh madura, tanaman ini mempunyai nama Kareka dan daerah jawa godong encok, Bama Bali, Ki Encok Sunda, Dan Oporio Didaerah Timor. Namun jika masih tetap sama dengan satu bahasa yaitu Daun encok.

Ciri singkat dari tanaman Daun encok ini yaitu pohon dan daunnya berbentuk perdu, mempunyai warna putih dan lengket bisa dipetik. Daun encok hampir sama dengan akar binasa yaitu kndungan racunnya yang cukup berbahaya bagi tubuh kita.

Kandunga didalam daun encok ini boleh dibilang sangat banyak yaitu berupa bahan kimia. Jika disebutkan satu persatu, semua itu mencakup : Plumbagin, Droseron, Khitranon dan lain-lainnya. Dan kembali pada bahasan yang sudah disebut pada judul, maka beberapa manfaat serta khasiat yang bisa didapat untuk kesehatan tubuh adalah :

Manfaat Dan Khasiat Daun Encok Untuk Kesehatan :
  • Mengobati sakit kepala pada daun yang dioleskan.
  • Mengatasi masalah lambung dan masalah pencernaan.
  • Menyembuhkan demam dan diare.
  • Mengobati flu atau pilek.
  • Anti bakteri dan antioksidan.
Penggunaan dari Daun atau akar Tanaman ini harus benar-benar didampingi oleh orang yang sudah pengalaman. Sebab, dalam jangka waktu yang lama dan pemakaian yang berlebihan akan membuat kulit melepuh serta efek buruk lain yaitu dapat menggugurkan kandungan jika digunakan oleh kaum wanita.

Nah itu bahasan singkat mengenai Manfaat Dan Khasiat Daun Encok Untuk Kesehatan, semoga dengan membaca artikel ini, anda bisa terbantu dan lebih waspada dalam menggunakan Daun Encok sebagai alternatif pengobatan. Sekian dari kami dan semoga bisa membantu.