Awas, Ini Efek Negatif Konsumsi Buah Nanas



Mengkonsumsi buah adalah hal yang menyehatkan, sebab nutrisinya mampu mencegah tubuh terkena beberapa jenis penyakit. Salah satu buah lezat yang banyak terdapat di negara tropis seperti Indonesia adalah nanas.

Cita rasa nanas yang manis asam sangat menggugah selera, selain banyak pula mengandung nutrisi berupa vitamin, mineral, serta serat yang menyehatkan pencernaan.

Akan tetapi perlu diperhatikan juga bahwa nana mengandung enzim yang bernama bromelain. Di sisi lain enzim tersebut menyimpan manfaat, akan tetapi dalam jumlah tertentu ia dapat memicu efek negatif pada tubuh.

Apa saja efek negatif konsumsi nanas? Laman Boldsky mengungkapnya seperti berikut ini:

Perparah alergi
Jika Anda punya alergi pada udara dingin atau debu, maka baiknya hindari konsumsi nanas. Enzim yang ada pada nanas memicu tenggorokan menjadi lemah, gatal, memproduksi lebih banyak lendir dan memperparah alergi.

Picu keguguran
Untuk wanita yang sedang hamil muda, hindari konsumsi nanas dulu sampai usia kandungan Anda cukup besar. Ini disebabkan nanas meningkatkan risiko keguguran pada janin Anda.

Nyeri sendi
Penderita arthritis atau nyeri sendi juga dianjurkan untuk tak makan buah berwarna kuning itu, karena bisa membuat rasa nyeri sendi makin bertambah parah.

Sinus memburuk
Penyakit sinus pun dapat menjadi lebih buruk apabila Anda makan buah nanas, sebab ia memicu produksi lendir di hidung dan tenggorokan.

Menambah buruk efek obat
Enzim bromelain yang ada dalam nanas juga bisa mempengaruhi efek beberapa jenis obat, misalnya antibiotik. Efek obat itu akan memburuk dan merusak jika Anda makan nanas sebelum atau sesudahnya.

(Sumber:http://www.catatanuang.com)