MasyaAllah, Inilah Pahala Dan Manfaat Yang Di Dapat Bagi Ibu Hamil Yang Rajin Membaca Al-Qur'an

shareinfomanfaat.blogspot.com - Rasulullah saw diriwayatkan oleh Tirmidzi : “ Siapa saja yang membaca satu huruf dari kitab Allah maka dia akan mendapat satu kebaikan . satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa alif-lam-mim adalah satu huruf, akan tetapi alif adalah alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim juga satu huruf “.


Al-qur’an merupakan kalam Allah swt yang di turunkan kepada Nabi Muhammad saw melalui malaikat Jibril secara mutawatir. Kebenaran Al-qur’an sudah tidak diragukan lagi. Kedalam maknanya , keindahan bahasanya, kesempurnaan isinya. Sungguh Al-qur’an itu luar biasa. Pedoman dan petunjuk hidup bagi setiap manusia didunia ini.

Keindahan bahasanya menyentuh setiap qalbu yang mendengarnya. Para sahabat banyak yang masuk islam pada masa awal dakwah Rasulullah, karena mendengar keindahan Al-qur’an ketika dibaca. Seperti misalnya sahabat Umar bin Khattab yang mendapat hidayah setelah mendengar adiknya membaca Al-qur’an dengan indah. Hal ini dilakukan sesuai dengan perintah Allah untuk membaca Al-qur’an dengan perlahan-lahan (tartil) dalam surat Al-Muzzammil ayat 4 :
“ Atau lebih dari seperdua itu dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan “.

Dari penelitian disebutkan bahwa suara-suara yang berirama tersebut akan mengeluarkan gelombang alfa. Gelombang ini bisa memberi ketenangan, kenyamanan, dan ketentraman kepada yang mendengar, tanpa terkecuali. Bahkan bagi janin yang masih dalam kandungan pun bisa mendapat efek positif dari bacaan Al-Qur’an yang diperdengarkan kepadanya.

Memperdengarkan ayat-ayat Al-Qur’an bisa dilakukan secara langsung atau dengan memutar kaset atau CD. Kalau ada teori yang mengatakan bahwa mendengarkan musik klasik pada janin dalam kandungan akan meningkatkan kecerdasan, insya Allah memperdengarkan Al-Qur’an akan jauh lebih baik pengaruhnya buat bayi. Apalagi jika ibu yang membacanya sendiri.

Ketika membaca Al-Qur’an, suasana hati dan pikiran ibu akan menjadi lebih khusyu’ dan tenang. Kondisi seperti ini akan sangat membantu perkembangan psikologis janin yang ada dalam kandungan, karena secara teoritis, kondisi psikologis ibu tentu akan sangat berpengaruh pada perkembangan bayi, khususnya perkembangan psikologisnya. Ibu yang sering mengalami stress, tentu akan berpengaruh buruk pada kandungannya.

Oleh karena itu, setiap ibu yang mengalami masa kehamilan hendaklah banyak mendengarkan Al-qur’an. Alangkah lebih baik lagi kalau dia membacanya sendiri sambil terus berinteraksi dengan si janin yang ada di dalam kandungan. Tidak ada anjuran untuk membaca surat yang khusus, karena pada dasarnya semua surat didalam Al-Qur’an adalah baik. Namun ada pendapat yang mengatakan hendaknya seorang ibu memperbanyak bacaan Al-Qur’an, terutama surat Yusuf, Maryam, Luqman, dan At-Taubah. [shareinfomanfaat.blogspot.com]