Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Juga Ampuh Atasi Keputihan Pada Wanita, Begini Caranya



Jambu biji sebenarnya memiliki nama asli jambu batu (psidium guajava). Namun, jenis buah yang satu ini juga dikenal dengan nama jambu siki atau jambu klutuk. Jambu biji berasal dari Amerika selatan, tepatnya dari brasil. Akan tetapi, jambu biji kemudian menjadi salah satu jenis buah yang populer dikawasn tropis lainnya seperti Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, jambu biji sudah sangat memasyarakat. Pohon jambu biji dapat dengan mudah ditemukan tumbuh dipekarangan atau kebun. Selain itu, perkembangan jambu biji di Indonesia cukup signifikan, terbukti dengan munculnya berbagai jenis jambu biji local seperti jambu tanjung barat, jambu biji getas merah, jambu sukun, jambu Bangkok, jambu Kristal, dan lain-lain

Manfaat 

Jambu biji mengandung vitamin C yang cukup tinggi, bahkan dua kali lipatnya kandungan vitamin C pada jeruk manis. Selain itu, jambu biji juga mempunyai unsure nutrisi lainnya seperti energy, protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, serta vitamin B1, maka tidak heran jika khasiat jambu biji untuk kesehatan cukup signifikan.

Adapun manfaat jambu biji diantaranya adalah untuk menyembuhkan infeksi, ,eredakan radang tenggorokan, mengobati flu, mencegah kanker terutama kanker paru-paru, kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus, mengatasi penyakit jantung koroner, bahkan bisa menyembuhkan penyakit demam berdarah.

Selain itu, buah dan daun jambu biji juga berkhasiat sebagai anti radang, anti virus, dan anti alergi, penguat jantung, membantu sistem pencernaan, menyembuhkan diare, mengobati penyakit maag dan disentri, mengobati diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, juga berguna untuk mengatasi keputihan pada wanita.

Olahan 

Jambu biji biasanya dimakan langsung buahnya, juga sering dijadikan olahan dalam bentuk minuman atau setup, namun bisa juga diolah menjadi kue kering. Yang akan disajikan kali ini adalah setup jambu biji. Silahkan simak cara membuatnya di bawah ini :

Bahan:
4 buah jambu biji(900 gram), dipotong-potong
500 ml air 
100 gram gula pasir 
2 butir cengkeh 
3cm kayu manis
Nagka matang secukupnya, dipotong kotak 
2 sendok makan madu
½ sdm air jeruk lemon

Cara membuat
Campur air, gula pasir, cengkeh, dan kayu manis. 
Rebus diatas api kecil sampai mendidih.
Masukkan jambu biji dan nangka, angkat, dan dinginkan. 
Masukkan madu dan air jeruk nipis, aduk rata. 
Sajikan 6 porsi 
(Sumber:reportaseterkini.net)