Manfaat Dan Khasiat Kacang Panjang Bagi Kesehatan, Begini Cara Mengolahnya



Kacang Panjang sering dijadikan sebagai bahan sayuran atau untuk lalapan. Berbeda dengan kacang tanah , kacang panjang merupakan jenis tanaman yang tumbuh dengan cara melili. Tanaman ini cukup populer di Asia dan sangat mudah ditemukan diberbagai Negara tropis, termasuk Indonesia.

Selain nikmat jika diolah menjadi masakan atau lalapan, kacang panjang juga mengandung nutrisi yang sangat tinggi. Zat gizi yang ada didalamnya meliputi protein, vitamin A, Vitamin B1, vitamin B2, , pectin, thiamin, riboflavin, zat besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium, mangan, karbohidrat, lemak, kalori, dan sama sekali tidak mengandung kolesterol.

Manfaat 
Kacang panjang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia karena dapat memperkecil resiko terkena penyakit stroke, mencegah serangan jantung, meningkatkan fungsi organ pencernaan, mengendalikan kadar gula darah, mengatasi hipertensi, mengurangi, resiko terserang penyakit kanker, serta membantu mengatasi sembelit.

Olahan 
Banyak alasan yang menggunakan kacang panjang sebagai bahan utama. Biasanya, kacang panjang dimasak menjadi oseng-oseng, tumis, maupun sayur berkuah santan. Namun, yang akan dicontohkan kali ini adalah resep yang cukup unik, yaitu sayur kacang panjang bumbu kuning. Ini dia bahan dan cara membuatnya:

Bahan: 
- 15 lonjor kacang panjang, dipetiki masing-masing kurang lebih 4cm
- 2 lembar daun salam
- 2 cm lengkuas, dimemarkan
- 100ml air kaldu ayam
- 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang di haluskan:
- 2 buah cabai merah besar 
- 6 butir bawang merah 
- 3 siung bawang putih
- 4cm kunyit 
- 3 butir kemiri
- 1 sendok teh terasi
- 1 sendok teh garam
- Gula pasir secukupnya.

Cara Membuatnya:
- Panaskan minyak . tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas sampai harum
- Masukkan kacang panjang sambil diaduk hingga setengah layu.
- Tuang air kaldu. Masak hingga matang 
- Siap untuk dinikmati bersama nasi hangat dan tempe goreng. (Sumber:reportaseterkini.net)