Kandungan Manfaat Dan Khasiat Portulaka Bagi Kesehatan

Portulaka merupakan salah satu jenis tanaman hias yang mempunyai kemampuan dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Diduga berasal dari Amerika Selatan, Tumbuhan ini mash tergolong dalam klasifikasi kerajaan Plantae dan mempunyai nama latin atau ilmiah dengan sebutan Portulaca grandiflora. Portulaka mempunyai warna bunga yang sangat cantik dan sangat cocok ditanam pada media pot atau juga lokasi lain yang mudah dilihat oleh orang. Tidak tentu tempatnya dimana, namun bisa dijadikan hiasan halaman yang mempunyai keindahan tersendiri.

Deskripsi Sepintas Mengenai Portulaka :
Tanaman yang boleh dibilang semusim ini sangat baik dan cocok hidup didataran rendah yang mempunyai suhu panas serta curah hujan yang rendah. Kenapa dibilang semusim? Sebab tanaman ini akan berbunga dengan sempurna pada saat musim penghujan saja (Jika hidup liar). Namun jika dirawat dan disiram setiap hari, maka akan berbunga sepanjang tahun, tergantung kecukupan cahaya.  Pohon portulaka menempel pada tanah atau menggelantung pada pot. Bunganya berwarna Ping atau merah muda. Namun yang dipertanyakan disini ialah : Apa saja kandungan senyawa kimia pada purtulaka? Dan apa saja manfaat serta khasiat yang bisa didapat untuk kesehatan tubuh?
Kandungan Manfaat Dan Khasiat Portulaka Bagi Kesehatan
Kandungan Manfaat Dan Khasiat Portulaka Bagi Kesehatan
Kandungan senyawa kimia yang bisa didapat dari portulaka memang tidak terlalu banyak, beberapa diantaranya ialah ada : Betanin, Betandin, Betacyanin dan juga Portulal.

Kandungan Manfaat Dan Khasiat Portulaka Bagi Kesehatan :
  • Mengobati sakit pada tenggorokan.
  • Menghilangkan dan menyembuhkan memar akibat benturan / pukulan.
  • Mengatasi peradangan pada kulit.
  • Mempercepat penyembuhan pada luka bakar.
  • dll.
Cara Menggunakannya pun boleh dibilang sangat mudah saja. Jika untuk konsumsi, cuci bersih, haluskan dan rebus hingga mendidih kemudian minum selagi hangat dengan menambah sedikit garam dapur. Namun untuk obat luar, ambil daun dan batang, haluskan kemudian balurkan pada luka dan juga memar.

Mungkin itu saja rangkuman singkat mengenai Kandungan Manfaat Dan Khasiat Portulaka Bagi Kesehatan. Semoga dengan apa yang kami tulis ini bisa membantu dan berguna bagi orang banyak. Mengenai informasi tanaman obat lain, silahkan cek pada related post dibawah atau juga label dan popular post disamping. Terima kasih!