Manfaat dan Kegunaan Cocor Bebek Untuk Kesehatan

Manfaat dan Kegunaan Cocor Bebek Untuk Kesehatan - Tanaman Hias yang satu ini mungkin tidak akan menyangka jika dibalik kelucuan bentuknya tersebut juga tersimpan sebuah khasiat obat untuk menyembuhkan penyakit. Pada umumnya kalangan masyarakat menjadikan cocor bebek untuk menambah keindahan taman atau halaman rumah dengan menggunakan media tanam Pot. Tentunya masih dalam Klasifikasi Kerajaan Plantae, Cocor bebek ini mempunyai nama latin atau ilmiah Kalanchoe pinnata. Dan sangat mudah sekali mendapat tanaman cocor bebek ini dikarenakan bisa tumbuh liar di daerah-daerah yang mempunyai kandungan kadar air cukup tinggi.

Ciri-ciri dari tanaman Cocor bebek sangat sederhana dan juga unik serta lucu. Bentuk daun bagian pinggir dipenuhi dengan tunas kecil dan jika menyentuh tanah maka tunas tersebut akan menjadi Tanaman baru yang juga akan tumbuh persis dengan induknya. Jadi boleh dibilang bahwa Cocor bebek berkembang biak dengan daun. Ciri lainnya yaitu daunnya berwarna hijau muda, tebal, pohonnya mencapai ketinggian hanya sekitar 40cm.
Manfaat dan Kegunaan Cocor Bebek Untuk Kesehatan
Tidak diketahui secara pasti dari mana asal dari Cocor bebek, namun Tumbuhan ini sangat baik dan mudah ditemukan didaerah Tropis seperti Asia, Australia, India dan Negara-negara tropika lainnya. Nah yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan senyawa kimia pada Cocor bebek? Dan apa saja manfaat yang bisa didapat untuk kesehatan? Mungkin jawaban berikut bisa menjawabnya!

Beberapa kandungan zat kimia atau senyawa pada cocor bebek yang kami ketahui ialah  Asam malat, Damar, Zat lendir, Magnesium malat, Kalsium oksalat, Asam formiat, dan juga Tanin. Kesemua kandungan tersebut terbukti ampuh dalam menjaga kinerja dari organ tubuh dan tentunya menjadikan kita lebih sehat secara alami.

Manfaat dan Kegunaan Cocor Bebek Untuk Kesehatan :
  • Menurunkan panas atau demam tubuh.
  • Mengobati sakit kelapa, pening, migren dan sejenisnya.
  • Mempercepat penyembuhan luka atau borok.
  • Obat alami untuk keluhan sakit dada.
  • Memperlancar siklus menstruasi pada kaum hawa.
  • Mempercepat pematangan bisul dan penyakit kulit lainnya.
  • Menyembuhkan batuk dan mengeluarkan dahak.
  • Mengobati asma atau sesak nafas.
  • dll.
Untuk penggunaan hanya membutuhkan beberapa lembar daun cocor bebek da dihaluskan. Bagi penggunaan luar tingal dibalurkan pada area yang sakit dan untuk konsumsi direbus dan diminum airnya dengan menambah sedikit garam.

Demikianlan bahasan singkat tentang Manfaat dan Kegunaan Cocor Bebek Untuk Kesehatan. Semoga dengan membaca artikel ini anda bisa menambah wawasan serta referensi baru mengenai Tanaman obat yang ada dilingkungan sekitar. Untuk selebihnya, silahkan lihat dan cek pada related post dibawah. Terima kasih dan selamat membaca!